IT Olimpiade 2016

Minggu, 27 November 2016 tepat di GSG Politeknik Caltex Riau, Information Technology Student Association (ITSA) Politeknik Caltex Riau tahun ini mengadakan kembali sebuah acara Olimpiade mengenai Sistem Teknologi Informatika. ITOlimpiade sendiri merupakan sebuah perlombaan Teknologi Informatika yang diperuntukkan bagi siswa/i SMA/SMK Se-Sumatera. Tahun ini ITOlimpiade mengusung tema “Meningkatkan Kreatifitas Remaja Melalui Teknologi Positif”. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pelajar, membantu menemukan bakat-bakat yang ada pada pelajar, menguji perkembangan pengetahuan pelajar, menambah wawasan pelajar, dan juga sebagai sarana memperkenalkan lebih dalam lagi apa yang dimaksud dengan Teknik Informatika dan Teknologi pada masa sekarang.

Pada tahun ini antusias pelajar SMA/SMK untuk mengikuti olimpiade sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan peserta yang melebihi target dan pada tahun ini untuk pertama kalinya mendatangkan peserta dari luar Riau, Seperti sekolah dari Payakumbuh, Dumai, Bukit Batu dan luar kota lainnya. Tidak ketinggalan untuk antusias dari kota Pekanbaru sendiri juga sangat tinggi.

Kategori perlombaan yang ada pada olimpiade tahun ini antara lain: Animasi, Design Poster, Pemprograman, Web Design, Jaringan dan Cerdas Cermat. Pemenang pada setiap kategori perlombaan ini mendapatkan hadiah berupa uang dengan jumlah jutaan rupiah. Untuk kategori animasi juara I diraih oleh SMK N 4 Pekanbaru, juara II diraih SMK N 1 Pekanbaru, dan juara III diraih oleh SMA 2 Pekanbaru. Pada kategori Design Poster juara I diraih oleh SMA N 5 Pekanbaru, juara II oleh SMA N 1 Dumai, dan juara III oleh SMK N 1 Rengat. Di kategori Pemprograman peraih juara I dan II ialah SMA Darmayudha, sementara peraih juara III ialah SMA N plus Prov. Riau. Di kategori Web Design peraih juara I ialah SMK N 2 Pekanbaru, juara II ialah SMK N 4 Pekanbaru, dan juara III ialah SMK N 1 Pekanbaru. Untuk kategori perlombaan Jaringan juara I dan II dimenangkan oleh SMK N 1 Pekanbaru, dan juara III oleh SMK N 2 Pekanbaru. Dan untuk kategori terakhir lomba Cerdas Cermat juara I nya diraih oleh SMA N 6 Pekanbaru, juara II SMK N 1 Pekanbaru, dan juara III SMK N 2 Pekanbaru.